MAINFAK JAPANIS ADS

Hey ho!! Cuma pengen nyampah dan wondering aja si ini. Kenapa siiklan-iklan yang dibikin ama Jepang banyak bertemakan quirky, mindfuck, dananeh bin kocak? Kenapa iklan-iklan tersebut sangat dekat dan cukup efektif sehingga sangat popular dengan penduduk Jepang?

Setelah kami baca-baca dan telusuri, ternyata hal itu berangkat dari sebuah kultural boom dimana komedi (owarai boom) menjadi hal yang sangat populer di kalangan Jepang pada era awal 2000an. Komedi mengambil alih slot-slot utama pada tayangan televise pada era tersebut dan hal ini praktis menjadi resep sukses untuk sebuah tayangan iklan yang efektif.

Ternyata ada beberapa hal yangmenjadi kunci sukses dari gaya pembahasaan iklan di Jepang, berikut lampirannya:

  1. NILAI FUNGSI BUKAN MENJADI HAL YANG PENTING

Kalau misalnya di negara-negara lainseperti Amerika, Inggris, dan lain sebagainya, iklan menonjolkan nilai fungsi dan dalam waktu singkat memperlihatkan bahwa produk yang dipasarkan adalah produk yang terbaik, di Jepang kamu akan sering melihat cerita yang sangat tidak relevan dan sedikit penyebutan merek brand pada iklan-iklannya. Walaupunkamu ga bakal paham dengan produk apa yang dipasarkan, kamu akan selalu ingat dengan plot-plot menarik dan terkadang heboh yang ditampilkan pada iklan-iklan produk Jepang.

 

Dole Banana
source : www.google.com

 

  1. PENGGUNAAN SELEBRITI TERKENAL

Kalau misalnya di negara-negara barat dan juga ini berlaku di negara kita juga si, penggunaan artis terkenal untuk iklan penyampaian produk brand mulai berkurang, di Jepang hal ini masih cukup populer.Ada rasa “percaya” yang dihasilkan bagi kaum Jepang dengan melihat aktor /aktris yang dekat dengan keseharian mereka menyampaikan produk untuk mereka. Tidak aneh apabila kita melihat banyak aktor luar negri seperti Arnold Schwarzenegger,Tommy Lee Jones, bahkan Leonardo Dicaprio menjadi deretan artis yang dibayar untuk menjadi bintang iklan.

 

Arnold Schwarzenegger dalam iklan minuman berenergi
source : www.google.com

 

Bruce Willis dalam iklan otomotif Daihatsu
source : www.google.com

 

Tommy Lee Jones dalam iklan minuman “BOSS”
source : www.google.com

 

  1. HUMOR ADALAH BUMBU YANG TERBAIK

Sama seperti yang terjadi di Indonesia sekarang (dan mungkin inipun terpengaruh darigaya iklan Jepang), humor menjadi bumbu efektif dalam memasarkan sebuah produk. Dengan humor dan sesuatu yang mainfak, audience akan selalu ingat dengan iklan tersebut.

 

Noodle Cup
source : www.google.com

 

Ya udah si gitu aja, humor jenaka + mainfak + artis terkenal = beres deh jualannya

Buat pelengkap di bawah ini kita lampirin ya video-video iklan yang menurut kita menarik dan mainfak, enjoy!!

 

Love,

Tim KITC

#insyaallahseni

Sumber :

Youtube

Foreign Celebrity Advertising Wikipedia

Marketing Society