IBU FRIDA KAHLO SANG ALIS CETAR

Halo Boskuu!!! Jurnal KITC kali ini mau bahas hal-hal tentang berkesenian lagi nih. Tapi yang kali ini berasal dari sejarah seni rupa dunia. Kalau kalian sadar sama produk-produk budaya pop yang mencoba mengadaptasi figur seni rupa dunia, kalian pasti ga asing sama perempuan satu ini – Frida Kahlo! Seniman yang satu ini wajahnya sering sekali digunakan sebagai icon-icon artsy. Tampilannya khas sekali – dengan alis tebal sambung atau unibrow. 

Sumber: bbc.com

LATAR BELAKANG FRIDA KAHLO

Selain itu figurnya juga ditampilkan dengan hiasan kepala yang ramai dihias dengan bunga warni-warna. Nah, buat kalian yang belum tahu, Frida ini adalah seniman berkebangsaan Mexico. Magdalena Carmen Frida Kahlo y Calderon lahir tahun 1907 di Coyoacan, sebuah kota kecil di pinggiran Mexico City. Sejarah hidup Frida dekat sekali dengan sejarah politik yang berlangsung di Mexico. Tahun 1910 saat dia masih balita, Revolusi Mexico pun telah terjadi. Tahun 1925 dia menjadi korban kecelakaan bus, dan selama masa pemulihannya dia mulai tertarik dengan seni lukis. Karya-karyanya didominasi oleh karya-karya self-portrait, atau karya-karya yang menggambarkan potret wajahnya sendiri. Kalian bisa cek sendiri nih beberapa karyanya yang paling terkenal.

The Wounded Deer, 1946 oleh Frida Kahlo

Sumber: fridakahlo.org

Me and My Parrot, 1941 oleh Frida Kahlo (kiri)

Frida and Diego Rivera, 1931 by Frida Kahlo (kanan)

Sumber: fridakahlo.org

 

HIDUP FRIDA SEBAGAI SENIMAN

Di negara asalnya, dia dianggap sebagai salah satu seniman paling ternama dan bersejarah. Bukan hanya itu, bahkan namanya menjadi ikon penting dalam sejarah di luar Mexico. Biografinya juga didokumentasikan dalam film garapan Amerika berjudul Frida hasil produksi Lions Gate Films. Film ini sendiri bukanlah garapan pertama dari biografi Frida. Film Frida merupakan hasil adaptasi novel yang berjudul Frida: A Biography of Frida Kahlo oleh Hayden Herrera. Buat kalian yang penasaran, nih kita kasih trailernya di youtube:

Dari beragam cerita yang mereka ulang kehidupan Frida, narasi paling menariknya ada dalam kisah romansanya bersama Diego Rivera. Suami Frida juga seorang seniman pergerakan ternama dari Mexico. Pernikahan mereka dipenuhi begitu banyak drama tapi mereka dikabarkan tetap bersama sampai akhir hidup Frida. Mereka berdua sama-sama berkarya di berbagai belahan dunia. 

Frida Kahlo dan Diego Rivera

Sumber: biography.com

MUSEUM FRIDA KAHLO

Salah satu heritage menarik dari seniman ini adalah The Frida Kahlo Museum di Mexico sekarang. Museum tersebut adalah rumah kecilnya, sekaligus rumah tempat ia tinggal bersama Diego Rivera sampai akhir. Bangunan ini ditandai dengan eksterior mencolok berwarna biru, makanya bangunan ini juga disebut La Casa Azul

La Casa Azul – The Frida Kahlo Museum

Sumber: mymodernmet.com

Nah, udah cukup ngerti belum bosku tentang cerita singkat Frida Kahlo? Kalau kalian penasaran tentang karya-karya surrealist-nya, silahkan banget untuk memperdalam pengetahuan kalian dengan riset mandiri. Kalau kalian emang udah ngefans banget sama ikon artsy satu ini, kita punya solusi. Kalian bisa langsung belanja salah satu tribut kita buat mba Frida! Bisa di cek langsung produk KITC Tensai Frida Tees di bawah! Sampai jumpa di Jurnal KITC selanjutnya bosku!!

Frita

Tensai Frida Tees

 

~

Insyallah Seni,

KITC.