FUCKTA FUCKTA MENARIX MENGENAI SHIBA INU

Hai Boskuu!!! Sekarang kita santai-santai dulu yuk, KITC lagi mau bahas salah satu dogo paling menggemaskan di dunia nih: SHIBA INU. Buat yang belum tau, kita bakal bahas 50 fakta tentang Shiba Inu!

 

  1. Shiba Inu ini adalah jenis ras anjing yang pinter banget, tapi di sisi lain dia juga terkenal karena sifat independennya.
  2. Asal kata Shiba Inu ini dari bahasa Jepang, ‘Inu’ artinya Anjing, tapi shiba ini punya beragam interpretasi. Satu terjemahan bilang bahwa ‘shiba’ diartikan sebagai semak belukar atau brush wood, mungkin nama ini diadaptasi karena anjing ini sering berburu di dalam semak atau karena semak di Jepang memiliki warna yang cenderung ke merah, seperti bulu anjing shiba kebanyakan.
  3. Terjemahan lainnya mengenai Shiba Inu mengacu ke terjemahan lama Nagano di Jepang yang ‘shiba’ berarti ‘kecil’.
  4. Secara resmi, nama Shiba Inu muncul di Jepang tahun 1920, tapi jenis ras anjing kecil di Jepang mulai dikembang-biakan dari sembilan ribu tahun yang lalu.
  5. Beberapa bukti sejarah pada 300 SM adalah gambar yang mengilustrasikan orang jepang kuno yang beraktivitas bersama anjing dengan bentuk yang mirip dengan Shiba Inu.
  6. Pada masa Kamakura Shogunate di tahun 1190-1603, samurai jepang menggunakan Shiba Inu untuk berburu rusa dan babi hutan. Hal ini dikarenakan oleh kelenturan mereka dalam berburu di area sempit dan semak-semak.
  7. Pada mulanya, terdapat tiga jenis shiba inu: San-in, Mino dan Shinso. Tapi karena penyebaran penyakit distemper dan perang maka hasil ras yang dikenal sekarang hanyalah gabungan dari ketiganya yang tersisa dan dijaga oleh preservasi pemerintah.
  8. Shiba inu adalah satu-satunya yang tersisa dari enam ras asli anjing jepang yang sudah punah. Karena pengembakbiakan yang ketat, pemerintah menetapkan Nippo Standard, yang baru dikenalkan pada tahun 1934.
  9. Berdasarkan jenis dan ukuran, Shiba adalah yang paling kecil, kemudian diikuti oleh Shikoku, Kishu, Kai, Hokkaido dan Akita.
  10. Menurut National Geographic, Shiba Inu adalah salah satu ras yang memiliki kemiripan genetik paling dekat dengan serigala. Menjadikannya salah satu ras anjing rumah/domestik paling tua di dunia.
  11. Shiba Inu dianggap sebagai anjing nasional Jepang, dan dijadikan harta karun nasional pada tahun 1936.
  12. Tahun 2008 Shiba Inu diumumkan sebagai teman berbulu manusia paling populer di Jepang. Buat hiburan, kamu bisa coba cek video di bawah!
  13. Nah, lanjut lagi ya, ekor Shiba Inu menjadi sangat unik dibandingkan anjing ras lainnya karena bentuknya yang melingkar ke arah dalam di atas punggung.
  14. Bentuk telinga Shiba Inu yang segitiga membuat wajah shiba inu seringkali disamakan dengan wajah rubah.
  15. Ekor Shiba Inu saat tidur digunakan sebagai pelindung wajah dan hidungnya agar tidak kedinginan.
  16. Bulu Shiba Inu terbagi ke dalam dua bagian, bagian luar atau mantelnya terdiri dari bulu-bulu rapat yang licin, untuk menolak debu dan mudah dibersihkan.
  17. Bagian mantel Shiba Inu bersifat tebal dan dimaksudkan untuk menghangatkan mereka dari musim dingin di Jepang.
  18. Warna bulu Shiba Inu paling umum adalah merah, kemudian tan dan hitam, lalu urajiro atau krem keputihan.
  19. Warna urajio menjadi salah satu standar warna bulu Shiba Inu. Bagian yang dianggap bagus untuk memiliki warna krem adalah bagian moncong, di bawah pipi, leher, dada, perut, bagian dalam ekor dan bagian dalam kaki.
  20. Sifat Shiba Inu terkadang dimiripkan dengan kucing karena sering membersihkan diri mereka sendiri, dan karena kecentilannya bahkan mereka sering menghindari becekan saat jalan di area outdoor.
  21. Saat kesal, lolongan atau tangisan mereka sangat mirip dengan suara manusia –bahkan saat sumber stres tersebut datang dari hal-hal kecil seperti potong kuku atau dimandikan. Mereka biasa dipanggil drama queen-nya spesies anjing. Contohnya bisa dilihat di video di bawah nih, menangis manja banget dia!
  22. Orang Jepang memiliki tiga kata untuk mendeskripsikan Shiba Inu, yaitu Kan-I atau kewaspadaan dan keberanian mereka, Ryosei atau kelakuan baik, setia dan patuh, kemudian Soboku atau tampilan mereka yang secara ‘naturally good-looking’
  23. The internet loves shiba inu, salah satu influencer shiba inu di instagram adalah Charmy, salah satu shiba paling adorable yang akan kamu temukan! Nih coba liat sendiri:

  24. Selanjutnya kamu juga bisa stalk juga Shiba ganteng di instagram bernama Bodhi, yang terkenal dengan fashionnya di instagram @mensweardog

    View this post on Instagram

    Instant Legend 🕶⚡️ @polaroidoriginals

    A post shared by Menswear Dog (@mensweardog) on

  25. Contoh shiba-inu terkenal lainnya adalah Mari, tapi dia dikenal oleh karena kesetiaannya setelah gempa bumi Chuetsu tahun 2004. Mari terjebak di rumah yang runtuh bersama anak-anak anjingnya, kemudian selama proses penyelamatan Mari terus melindungi anak-anaknya. Kesetiaan Mari bagi keluarga pemilik dan anak-anak anjingnya diadaptasi sampai dalam film Mari and Three Puppies.

Nah, buat kalian yang udah gak kuat sama gemasnya Shiba Inu, mending cek deh salah satu best selling kita: Shiba Inu Tees ! Soalnya kita juga ga kuat banget sama kelucuan #doge yang satu ini!

Love
Tim KITC
#insyaallahseni