ASAL USUL ASAL-ASALAN SI NOPAL PT. 2

Lanjut Bosku!!

Berkembang dari sana, Si Nopal mulai rajin mengeluarkan strip-strip lainnya. Gaya visualnya pun perlahan mulai berkembang menjadi lebih eksploratif dan organik. Kemudian komik Si Nopal mulai memperlihatkan pengembangan karakter, dari monolog menjadi strip berisi dialog dengan teman-teman sebayanya. Ini nih contohnya komik nopal tahun 2016-an:

Sumber: Facebook Si Nopal

Lama kelamaan komik yang dipublikasikan hanya via facebook itu mulai berkembang ke platform lainnya seperti Instagram. Eksplorasi karakter dan gaya visual pun masih terus berkembang dari tahun 2015 sampai 2017-an. Tapi setelah itu komik ini mulai menerbitkan karakter Si Nopal yang kita kenal sekarang. Nih kalian bisa lihat sendiri transisi komik Si Nopal dari tahun 2016-2017.

Sumber: Facebook Si Nopal

Sumber: Facebook Si Nopal

Nah, foto terakhir itu adalah salah satu postingan terakhir si Nopal di Facebook semenjak dirilis secara resmi melalui Ciayo Comics. Setelah terbit via sosial media, komik Si Nopal resmi dirilis melalui CIAYO Comics pada tahun 2017 hingga hari ini. Semenjak itu laman facebooknya hanya menyisakan komik stripnya dahulu dan laman Instagramnya digunakan untuk mempublikasikan media baru kekaryaan Mas Naufal Faridurrazak, yaitu Animasi Si Nopal. Selain itu kumpulan komik strip Si Nopal juga pernah dikumpulkan dan dicetak dalam buku Si Nopal Komik Strip yang terbit tahun 2018.

Buat yang belum tau Si Nopal kayak apa ni gan ane beri link nya :
Instagram: @Si_Nopal
Cek cek ricek deh, kocak bet anjenk!!

Nah buat yang suka banget sama cerita-cerita dari Si Nopal, bisa banget liat kolaborasi KITC terbaru sama Si Nopal, ini!