BACAAN GA JELAS: KOMIK GA JELAS PT. 1

Halo Bosku!! Inget gak sih kemarin kita pernah wawancara kreator komik ternama Indonesia buat jurnal bareng Ciayo Comiconnect 2019? Salah satu konten komik yang sampai sekarang masih hype banget dan rasanya perlu dibahas lagi sama kita adalah Komik Ga Jelas!

Kenapa? Karena rasanya ga lengkap aja kalau ga kita usut sampai sejelas-jelasnya. Pertama, komik ini dibuat sama mba Jasmine Surkatty. Dan dari wawancara terakhir sih mba Jasmine cerita:

 

Jasmine Surkatty – Author Komik Ga Jelas

“Komik Ga Jelas sebenarnya sebuah keisengan yang gue bikin pas masih kuliah, yang lalu berevolusi menjadi sebuah karya yang punya konsep, estetika, semiotika, kartika… –eh, maksudnya jadi lebih tertata gitu sebagai lebih dari sebuah komik, tapi menjadi sebuah brand. “

Setelah kita usut, ternyata memang komik ini sudah muncul secara konsisten dari tahun 2014. Claim sebagai Komik Ga Jelas petama terbit di Facebook Page-nya tanggal 25 Februari 2019, liat sendiri dan coba pahami ya!

 

 

Komik Ga Jelas Episode Pertama

Kita lanjutin ya, coba sekarang cek deh komik strip awal-awalnya di tahun 2014-an:

Nah, sudah cukup kenal sama gaya komiknya? Komik Ga Jelas ini berjalan dari Fan Page Facebook yang konsisten bahkan sampai tahun 2019 ini. Walau pun begitu, memang kayanya yang lebih ekstensif bisa dikonsumsi melalui Ciayo Komik. Walau pun mba Jasmine konsisten banget memanfaatkan sosial media, tapi ternyata dirinya juga masih dekat banget sama dunia media analog atau cetak. Penasaran kan? Lanjut ya bosku ke nanti artikel kedua!

Asal Usul Jelas Komik Ga Jelas PT. 2