TARO OKAMOTO, SENIMAN DI BALIK PATUNG “SAHABAT”

Halo Boskuu!!! Balik lagi kali ini Jurnal KITC mau bahas salah satu seniman terkenal dunia. Kemarin yang dari Mexico kan sudah ada Mba Frida Kahlo. Terus pernah juga kita bahas Kenji Yanobe. Sekarang kita mau bahas lagi seniman penting dari Jepang: Taro Okamoto!!

BIOGRAFI TARO OKAMOTO

Taro Okamoto
Sumber: matome.naver.jp

Buat kalian yang belum tahu siapa sih mas Taro Okamoto ini, kita kasih ya cuplikan di bawah buat pengantar singkat. Taro adalah salah satu seniman Jepang yang terkenal banget di abad ke-20. Sebagai seniman, dia dikenal dengan karya-karyanya yang selalu kental dengan sejarah Jepang. Menariknya, Okamoto tidak selalu secara gamblang menceritakan tentang sejarah Jepang. Tapi dia selalu mencoba mengabstraksi semangat Jepang dan masa lalu kelam setelah perang dunia ke-2. 

TOWER OF THE SUN (1970)

Salah satu karya terbesarnya adalah monumen terkenal bernama Tower of the Sun. Karya ini ditampilkan di Expo’70, world fair yang berlangsung di Osaka, Jepang tahun 1970. Tapi setelah lama diberdirikan tower ini baru dibuka untuk umum dari tahun 2003. Tinggi karya ini mencapai 70 meter dan diameter bawahnya mencapai 20 meter.

Tower of The Sun
Sumber: frieze.com

Saking terkenalnya, bahkan karya monumen ini pernah di recreate sama Bandai Jepang dalam model mainan. Menariknya, hasil reka ulang produksi Bandai ini bisa bertransformasi jadi robot. Selain Bandai, karya ini juga pernah dimasukan ke dalam manga karya Naoki Urasawa. Judulnya pasti cukup familiar buat kalian: 20th Century Boys! Di manga ini Tower of the Sun digunakan oleh Urasawa sebagai simbol dan bagian dari cerita komiknya. 

Tampilan Package Model Tower of The Sun dari Bandai Jepang
collectiondx.com

Cuplikan 20th Century Boys
Sumber: page45.com

MUSEUM TARO OKAMOTO

Taro Okamoto meninggal tahun 1996, dan Jepang mendedikasikan dua museum untuknya. Pertama adalah The Taro Okamoto Memorial Museum yang dibuka tahun 1998. Selanjutnya adalah The Taro Okamoto Museum of Art in Kawasaki yang dibuka tahun 1999.

 

The Taro Okamoto Museum of Art
Sumber: matcha-jp.com

Bagian dalam dari The Taro Okamoto Museum of Art
Sumber: matcha-jp.com

Bagian dalam dari The Taro Okamoto Museum of Art
Sumber: matcha-jp.com

Tampak atas dari The Taro Okamoto Museum of Art
Sumber: matcha-jp.com

The Taro Okamoto Memorial Museum
Sumber: fashfav.com

Gimana bosku? Lumayan kan cerita dari Jurnal KITC kali ini? Kalau kalian penasaran lebih lanjut tentang Taro Okamoto, bisa langsung baca biografi beliau sambil riset independen ya! Sampai ketemu di Art Corner KITC selanjutnya!

 

Tau pose 20th century boys yang ini kan

20th Century Boys Pose
Sumber: wikipedia.org

 

kita juga bikin kaosnya loo dengan referensi pose tersebut loo,

~

Insyaallah Seni,

KITC