KAIJU BIG BATTEL!!

Halo bosku!! Jurnal KITC kali ini mau bahas cerita-cerita yang asik seru memompa adrenalin nih! Buat kalian yang suka nonton hal-hal yang rusuh, ramai dan super-kreatif ⁠—pasti kalian suka banget sama konten kali ini. Alkisah, terdapat suatu studio di New York City bernama Studio Kaiju. Nah, semenjak tahun 1990-an mereka mencoba membuat sebuah proyek video dari masa mahasiswa mereka di School of the Museum of Fine Arts di Boston. Konten utama dalam video mereka menceritakan tentang pertarungan antar monster. Karakter monster di dalam pertarungan-pertarungan ini juga didandani sedemikian mungkin sampai jadi karakter yang super menarik banget nih. Karena karakterisasi dan plot konten mereka yang menarik banget, makanya bosku harus tau nih tentang Kaiju Big Battel! Scroll terus kebawah ya!

Asal Mula Kaiju Big Battel

Sumber : nyulocal.com

Karakter pertama yang diciptakan mereka namanya Midori no Kaiju, atau berarti Big Green Monster. Setelah karakter ini, mulai lah muncul ide mereka untuk menciptakan karakter-karakter lain yang saling dipertarungkan. Nah, pertarungan pertama dilakukan di tahun 1996 di Revolving Museum di Boston pada malam Halloween, menampilkan Midori no Kaiju —beserta karakter baru seperti Atomic Cannon, Powa Ranjuru, Force Trooper Robo dan kawan-kawan monster lainnya. Setelah pertarungan pertama itu, skala besar dari Kaiju Big Battel akhirnya dilaksanakan tahun 1997 masih di kota Boston.

Konsep Kaiju Big Battel

Jadi, intinya Kaiju Big Battel ini mencoba memparodikan gulat profesional dan film-film tokusatsu kaiju eiga. Film-film dengan genre ini diambil dari dua elemen utama. Elemen pertama adalah tokusatsu, yang berarti jenis film yang menampilkan live action dengan penggunaan special effect yang banyak. Sementara itu elemen lainnya adalah kaiju —sebutan umum dalam bahasa Jepang untuk monster misterius. Kebayang kan berarti genre ini memang menampilkan pertarungan aksi antar monster kalau digabungkan. Untuk pengenalan lebih lanjut, mending langsung play aja presentasi publik mereka di video satu ini!

Hal menarik dari presentasi acara-acara big battel ini adalah tampilannya yang sangat mirip dengan presentasi pertarungan gulat profesional seperti WWE. Kalau kita perhatikan, konten yang mereka pertontonkan itu menarik banget bosku, bahkan banyak juga pelesetan lucu nan jenaka ala mereka yang menyasar ke professional wrestling Mexico. Selain itu, karakternya juga relatable banget sama tokoh-tokoh populer di komik dan budaya Jepang.

Sumber: trustarts.org
Contoh Foto Salah Satu Pertarungan di Kaiju Big Battel

 

Hal keren lainnya dari Kaiju Big Battel ini adalah perkembangan mereka yang kemudian merilis DVD sendiri! Di dvd itu, kita bisa nonton pertarungan-pertarungan antar monster dari tahun 2001 dan bonus-bonus lainnya. Terus dari sana mereka bahkan nerbitin buku sendiri yang berjudul Kaiju Big Battel: A Practical Guide to Giant City-Crushing Monsters yang nyeritain perjalanan komedi tahunan mereka. Kebayang kan bosku seberapa kerennya pertarungan berkonsep iseng namun super niat ini? Alesan kita cerita tentunya karena kita gamau kalian ketinggalan produk-produk budaya yang super nyeleneh kaya gini.

Sumber: rustarts.org
Contoh Foto Salah Satu Pertarungan di Kaiju Big Battel

Gimana? Seru banget kan buat diikutin? Atau mungkin suatu saat kamu lagi jalan-jalan ke Boston terus bisa mampir kan asik banget bosku. Kita harap kamu terinspirasi ya dari artikel kita satu ini. Jangankan kamu, kita aja jadi super duper inspired sampe langsung bikin design kaya di bawah ini!! Mending kamu cek dulu biar kebayang vibe pertarungan gemas yang bisa dipake kalo pake kaos El Papito Oversize Tees dari KITC!

Love,
KITC

#InsyaAllahSeni