MAS ANDY, LELUHUR POP ART

Hi Boskuu!! Jurnal KITC mau ngelanjutin pembahasan sudut seni lagi nih. Kemarin kan kita sudah bahas beberapa seniman ikonik seperti Kenji Yanobe dan Frida Kahlo. Sekarang kita move on lagi ke seniman ikonik lainnya asal Amerika. 

 

Sumber: independent.co.uk

Familiar kan pasti sama karya seni di atas? Cetakan wajah Marylin Monroe ini adalah salah satu karya Andy Warhol yang paling dikenal di dunia. Warhol sendiri sering dibilang sebagai seniman paling terkenal pada masanya, selama dirinya hidup. Berbeda dengan kebanyakan seniman di abad ke-20 – yang biasanya menjadi lebih terkenal setelah meninggal. 

PROFIL ANDY WARHOL

Sumber: Documentarytube.com

Karya-karyanya menjadi sangat identik karena style visualnya cukup nyeleneh dibandingkan seniman satu generasinya. Warhol banyak menggunakan warna-warna cerah, menyolok, dan karena itu pula dia dilabel sebagai seniman pop Amerika ternama. Selain warna, karya dia juga memakai pendekatan-pendekatan populer seperti sistem komersil, dan figur terkenal seperti Monroe. 

Beberapa karya Warhol yang terkenal juga mencoba mengadaptasi brand-brand terkenal dan komersil. Contohnya ada karya kaleng sup Campbell yang pasti juga familiar buat kalian. Pada masanya dia juga menjadi designer/illustrator buat beberapa band terkenal Amerika. Salah satu design-nya yang dikenal banyak orang bisa kalian temuin di cover band The Velvet Underground.

Banana (1966)

Sumber: learnodo-newtonic.com

Desain Warhol untuk band ini digunakan untuk cover album mereka yang berjudul The Velvet Underground & Nico tahun 1966. Selain itu juga Warhol sering mengangkat tema-tema konsumerisme Amerika dengan mengadaptasi produk konsumerisme masa waktu itu. Selain mangkok sup Campbell, dia juga pernah melukis botol Coca Cola. Kebanyakan karyanya menggunakan teknik sablon. Tapi lukisan Coca Cola-nya merupakan karya Warhol yang paling mahal, bahkan katanya lukisan ini terjual dengan harga lima puluh tujuh miliar dollar Amerika. Buat kalian yang penasaran, nih kita kasih ya beberapa karya Warhol yang gak kalah terkenalnya sama pisang dan Marylin Monroe. 

KARYA-KARYA ANDY WARHOL

Coca Cola (3) (1962)

Sumber: learnodo-newtonic.com

 

Brillo Box

Sumber: www.google.com

32 Canvases of Campbell Soup Cans (1962)

Sumber: learnodo-newtonic.com

Karya-karyanya yang mengkritisi budaya pop tentunya beralasan. Sebelum jadi seniman, dia sudah menjadi salah satu ilustrator komersil sukses dengan bayaran tertinggi di New York. Nah, udah cukup ngerti kan tentang seniman satu ini dan karya-karyanya yang menyenangkan tapi tetap kritis? Sekarang mending cek yuk tributnya KITC buat mas Andy Warhol! Coba tap langsung foto Tensai Andy Tees. Sampai ketemu lagi di Art Corner KITC selanjutnya!!

~

Insyallah Seni,

KITC.